Print this page

Panduan Pendaftaran

Cara Pendaftaran

Proses pendaftaran terdiri dari tahap berikut:

  1. Silahkan baca terlebih dahulu Informasi Pendidikan Ikatan Dinas dari Kementerian PAN RB dan ketentuan yang ada pada informasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIS TA 2016/2017.
  2. Anda harus memiliki alamat email untuk masing-masing peserta. Alamat email harus dalam keadaan aktif dan anda dapat membukanya, karena seluruh informasi akan diberikan melalui email.
  3. Lakukan pendaftaran melalui website Kemenpan-RB dengan memilih Badan Pusat Statistik sebagai instansi tujuan. Jika sudah berhasil, simpan bukti registrasi dan username serta password pada saat pendaftaran tersebut untuk selanjutnya digunakan pada pendaftaran di website STIS.
  4. Tunggu sekitar 15 menit. Kemudian lakukan pendaftaran melalui Aplikasi SPMB STIS dengan memasukkan email, NIK, dan No.KK. Masukkan NIK dan No.KK yang sudah didaftarkan pada website Kemenpan-RB. Sedangkan untuk alamat email, tidak harus sama dengan alamat email yang didaftarkan pada website Kemenpan-RB.

    Anda akan menerima pesan melalui email yang berisi petunjuk pengisian formulir pendaftaran. Bila Anda tidak menerima pesan email di Inbox, mohon periksa di Spam.

  5. Mengisi formulir pendaftaran

    Ikuti petunjuk yang tertulis pada pesan email untuk mengisi formulir pendaftaran.

  6. Anda menerima Nomor Pendaftaran

    Setelah anda selesai mengisi formulir pendaftaran, anda akan menerima Nomor Pendaftaran. Nomor Pendaftaran anda gunakan untuk melakukan login pada Aplikasi SPMB STIS selama proses seleksi berlangsung. Nomor Pendaftaran juga anda gunakan sebagai Kode Pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya seleksi. Untuk Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS, anda harus mengikuti proses pemeriksaan berkas sebelum bisa melakukan pembayaran.

  7. Membayar biaya seleksi

    Anda harus membayar biaya seleksi sebelum batas waktu yang ditentukan pada waktu anda menerima Kode Pembayaran. Lihat cara pembayaran di sini.

  8. Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM)

    Setelah anda membayar biaya seleksi, anda dapat mencetak KTPUM dengan login pada Aplikasi SPMB STIS.
    KTPUM harus dibawa dan dapat ditunjukkan pada setiap proses seleksi.

    (Jika anda membayar melalui BRI, anda dapat langsung mencetak KTPUM. Jika anda membayar melalui Mandiri, silahkan melakukan aktivasi menggunakan Token yang tercetak pada bukti pembayaran anda di menu Aktivasi.  Setelah melakukan aktivasi, anda dapat mencetak KTPUM.)

Selain hal yang tertulis pada panduan sini, anda harus memperhatikan seluruh informasi yang tertulis pada ketentuan masing-masing jalur seleksi, dan ketentuan yang tertulis pada pengumuman hasil seleksi.


Previous page: Jadwal Penting
Next page: Prosedur Pembayaran