Humas Polstat STIS | Sabtu, 18 Mei 2024 07:30:55 WIB


Bertempat di Auditorium Politeknik Statistika STIS (17/05), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) sukses menyelenggarakan kegiatan Futuristis yang mengusung tema “Resolusi: Rekat Sikapi, Olah tuk Aspirasi”. Kegiatan yang dikoordinir oleh Rizky Saputra, Ketua Pelaksana Futuristis 2024, bertujuan untuk menampung aspirasi mahasiswa, baik melalui kotak aspirasi maupun pesan yang dititipkan kepada anggota DPM, kemudian didiskusikan bersama jajaran manajemen untuk bertukar pikiran menentukan langkah yang tepat demi kemajuan Politeknik Statistika STIS. Kegiatan Futuristis didukung penuh oleh seluruh pihak dengan kehadiran perwakilan sivitas akademika yang terlibat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan Politeknik Statistika STIS, seperti Ibu Dr. Erni Tri Astuti, M.Math. selaku Direktur Politeknik Statistika STIS beserta jajarannya, dosen, perwakilan organisasi mahasiswa, perwakilan pengurus tingkat, dan mahasiswa umum.

Kegiatan Futuristis selaras dengan program GASS YUK (OlahraGA dan diskuSi Santai upaYa Untuk Kebersamaan) sebagai salah satu aksi dari Change Agent Network (CAN) Politeknik Statistika STIS. Kegiatan ini dimulai dengan aktivitas senam pagi untuk menciptakan rasa semangat dari para peserta. Serangkaian acara dilaksanakan dengan baik dan lancar, mulai dari laporan dari Ketua Pelaksana Futuristis, sambutan dari Ketua DPM, hingga sambutan dari Direktur Politeknik Statistika STIS yang diwakilkan oleh Bapak Yunarso Anang, Ph.D. selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan.

 

Wakil Direktur I, Prof. Setia Pramana, Ph.D., menyampaikan bahwa perbedaan generasi antara para tenaga kependidikan dan mahasiswa menimbulkan perbedaan sudut pandang sehingga kegiatan Futuristis dapat menjadi wadah yang tepat untuk berdiskusi dan saling memberi feedback. Aspirasi yang diterima terangkum pada tiga sub tema, yaitu akademik, administrasi, dan kemahasiswaan.

Salah satu aspirasi menarik dari sub tema akademik berisikan ide pembukaan program studi baru yang berfokus pada lingkungan mengingat Badan Pusat Statistik memiliki tiga kegiatan utama, salah satunya Sensus Pertanian. Aspirasi ini disambut baik oleh Ketua Program Studi D4 Statistika, Bapak Dr. Azka Ubaidillah, SST., M.Si., yang menyatakan bahwa beberapa dosen Politeknik Statistika STIS ada yang sedang studi di bidang lingkungan sehingga memungkinkan untuk dilakukan pembukaan peminatan baru. Respon positif yang hampir sama juga disampaikan oleh Kepala Bagian Administrasi Umum, Bapak Bambang Nurcahyo, S.E., M.M., menanggapi aspirasi pada sub tema administrasi. Beliau menyatakan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa yang turut serta memperhatikan Politeknik Statistika STIS, baik di lingkup perkuliahan secara akademik maupun fasilitasnya. Aspirasi yang diterima ini dinilai sangat bermanfaat sebagai reminder untuk menyelesaikan bagian-bagian yang masih kurang dan meningkatkan kualitas dari yang telah ada.

Kegiatan Futuristis 2024 ditutup dengan sosialisasi draft renstra Politeknik Statistika STIS tahun 2024-2029 yang disampaikan langsung oleh Ibu Erni Tri Astuti yang ditujukan untuk menyebarluaskan dan menerima saran dari para mahasiswa. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan ini diharapkan menjadi bentuk kolaborasi antar sivitas akademika untuk saling berbagi pendapat terkait administrasi, akademik, dan kemahasiswaan untuk membangun Politeknik Statistika STIS yang lebih unggul dan berkualitas.