Humas Polstat STIS | Kamis, 13 Juni 2024 08:28:14 WIB


Dua program studi (prodi) di Politeknik Statistika (Polstat) STIS meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA). Akreditasi ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Direktur Dewan Eksekutif LAMSAMA No. 051/SK/LAMSAMA/Akred/DIII/VI/2024 untuk Program Studi DIII dan SK No. 052/SK/LAMSAMA/Akred/STr/VI/2024 untuk Program Studi Statistika.  Peringkat akreditasi Program Studi ini berlaku dari 3 Juni 2024 sampai dengan 2 Juni 2026.

Kabar gembira ini merupakan bukti komitmen Politeknik Statistika STIS dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas. Proses untuk menerima akreditasi tentu tak mudah. “Puji syukur, alhamdulillah, hal ini tentu tak lepas dukungan dari berbagai civitas akademika dan tim manajerial Politeknik Statistika STIS” ucap, Erni Tri Astuti, Direktur Politeknik Statistika STIS.

Sebelumnya, telah dilakukan asesmen lapangan selama dua hari pada tanggal 13-14 Mei 2024. Asesmen dilakukan oleh empat asesor yang ditunjuk oleh LAMSAMA, yaitu Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, M.S dari UNPAD, Dr. Budi Surodjo, M.Si dari UGM, Prof. Dr. Edi Cahyono, M.Si dari Univ Halu Oleo, Prof. Dr. Admi Nazra, M.Si., M.Sc dari Univ Andalas.

“Kegiatan asesmen lapangan dalam rangka Akreditasi Program Studi ini menjadi langkah penting bagi Politeknik Statistika STIS dalam menunjukkan komitmennya terhadap penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas dan BPS sebagai institusi yang menaungi telah mendukung dan memfasilitasi dalam realisasinya”, pungkas Imam Machdi, Deputi MIS.

LAMSAMA merupakan lembaga akreditasi yang memilih fokus perhatian pada program studi yang menghasilkan lulusan dalam bidang ilmu formal (formal sciences) dan sains alam (natural sciences), serta lulusan yang diarahkan untuk menjadi pendidik dan pengajar bidang-bidang tersebut.

Ilmu formal mencakup Matematika (Mathematics), Statistika, Ilmu Aktuaria, dan Sains Komputasi (Computational Sciences) dan bidang-bidang terkait. Sains mencakup a.l. Fisika (Physics), Kimia (Chemical Sciences), Biologi (Biological Sciences), dan Sains Kebumian dan Antariksa (Earth and Space Sciences) dan bidang-bidang terkait. LAMSAMA mencakup juga program-program studi dalam bidang-bidang multidisiplin dari semua yang disebut di atas.